Selasa, 02 Oktober 2012

Oktober, Pintu Air Waduk Darma Ditutup

Kuningan News - Para petani di sekitar Waduk Darma Kabupaten Kuningan nampaknya harus mencari sumber daya pengairan alternatif untuk sawahnya pada pertengahan Oktober mendatang. Pasalnya, pintu air Waduk Darma bakal ditutup sehingga tidak bisa mengairi areal persawahan warga.

Penutupan pintu air waduk ini dilakukan untuk mengecek saluran irigasi. Lamanya penutupan pintu air dilakukan selama 2 Minggu, kemudian akan diturunkan petugas guna mengintensifkan pemeriksaan saluran.

“Jadwal penutupan pintu air itu adalah 16 Oktober. Tidak bisa diganggu gugat. Jadi seluruh permintaan air baik itu untuk mengairi areal pesawahan Kuningan maupun Cirebon, terpaksa diabaikan sementara,”tutur pengelola waduk, Erik Riswanto.

Lebih dalam Erik menjelaskan, hingga sekarang ini debit air Waduk Darma tinggal 14 juta meter kubik. Batas minimalnya adalah 8 juta meter kubik. Jika musim kemarau membuat persediaan tinggal 8 juta meter kubik, maka terpaksa pintu air waduk akan ditutup hingga musim penghujan tiba.

1 komentar:

  1. Kabar dan kenyataan ini memang sangat memprihatinkan, bisa juga menyedihkan bagi yang mengandalkan air dari aliran Wadukdarma. Di lain pihak, ada beberapa orang yg agak tersenyum bila kondisi volume air tetap berada di 8 juta meter kubik. Siapakah mereka? Mereka adalah orang yg bercocok tanam palawija di tanah kering areal Wadukdarma. Bila masa surut melewati 4 bulan berarti palawija mereka bisa dipanen hasilnya. Bagaimanapun juga, air sangat penting dan dibutuhkan. Ada pendapat, 80% makhluq hidup akan lekas mati bila kekurangan air. Mari kita senantiasa berdo'a: "Semoga hujan lekas turun sehingga bisa menambah volume air Wadukdarma yg sedang surut, Aamiin...."

    BalasHapus